bukan basa basi blog

Senin, 12 Januari 2015

On 12.02 by Febri Ramadhan in
GRUNGE IS NOT DEAD !!! mungkin itu kata pertama yang gue ucapin pada postingan gue hari ini."GRUNGE" apa sih yang terlintas di fikiran setelah denger kata itu ? gue yakin mengacu pada orang jenius yang berasal dari aberdeen sebuah kota nan jauh di negeri paman sam dan semua pasti tau dia siapa , YAAAAAAAA !!! dia adalah KURT COBAIN , dia merupakan pentolan grup band asal seattle yaitu  NIRVANA yang menurut gue adalah seorang PELOPOR naiknya musik grunge naik ke permukaan dan bisa bersaing serta mengalahkan musik trend pada jamannya , lewat single nya Smells Like Teen Spirit di album Nevermind pada tahun 1991 single ini berhasil mengusir sang the king of pop michael jackson dari singasana billboard.Tapi tahukan kalian sebenernya ga cuma Kurt Cobain dengan Nirvana nya yang ada di GRUNGE , masih banyak lagi band-band gak kalah asik dan gila dari mereka , dan beberapa dari mereka juga menginspirasi nirvana dalam berkarya , berikut ini gue akan bahas 10 BAND GRUNGE terbaik terpanjang masa menurut gue , semoga bisa menambah pemahaman musik dan memperluas wawasan kawan-kawan pembaca :

10.MUDHONEY


Mudhoney adalah sebuah band alternative rock Amerika. Dibentuk di Seattle, Washington, pada tahun 1988 setelah kematian Green River, anggota Mudhoney ini adalah vokalis dan gitaris Mark Arm, gitaris Steve Turner, bassis Guy Maddison, dan drummer Dan Peters. Asli bassist Matt Lukin meninggalkan band pada tahun 1999, tetapi kembali lagi pada bulan Desember 2000 untuk menyelesaikan kewajiban tur. Rilis awal Mudhoney pada Sub Pop, khususnya debut single "Touch Me I'm Sick" dan Superfuzz Bigmuff EP, yang secara besar-besaran berpengaruh di kancah musik Seattle.  Mudhoney adalah juga terkenal karena pencampuran atas blues rock berat dan punk rock. Meskipun band ini telah menemukan sukses komersial kecil selama karir yang panjang, yang telah menghasilkan 10 album studio, itu tetap terinspirasi grunge banyak dan musisi rock alternatif termasuk Kurt Cobain dan Nirvana nya.

9.HOLE


Nah yang satu ini adalah sebuah band bentukan si cantik sang istri dari kurt cobain , Hole adalah band rock alternatif Amerika yang awalnya dibentuk di Los Angeles pada tahun 1989. Band ini digawangi oleh penyanyi-penulis lagu Courtney Love (vokal, gitar), yang ikut mendirikan Hole dengan gitaris Eric Erlandson. Hole mencapai sukses komersial dan kritis yang cukup sepanjang tahun 1990-an, awalnya merilis single melalui label independen di LA  

8.MOTHER LOVE BONE


Mother Love Bone adalah sebuah band rock Amerika yang terbentuk di Seattle, Washington pada tahun 1988. Band ini aktif  dari tahun1988-1990. Mother Love Bone bubar karena Meninggalnya Andrew Wood karena Overdosis obat .Meskipun Mother Love Bone dikenang oleh banyak orang sebagai band yang sangat berbakat .

7.SCREAMING TREES


Screaming Trees adalah sebuah band rock Amerika yang terbentuk di Ellensburg, Washington pada tahun 1985 oleh vokalis Mark Lanegan, gitaris Gary Lee Conner, pemain bass Van Conner dan drummer Mark Pickerel. Pickerel telah digantikan oleh Barrett Martin pada saat band ini mencapai kesukses. 
Screaming Trees dikenal sebagai salah satu dari "Godfathers of Grunge" bersama dengan Melvins, Soundgarden, Green River, psychos Cosmic dan Malfunkshun. Screaming Trees naik ke ketenaran sebagai bagian dari gerakan grunge dari awal 1990-an, bersama dengan band-band seperti Alice in Chains, Stone Temple Pilots, Pearl Jam, Nirvana dan Soundgarden dan merupakan salah satu tindakan yang paling sukses musik underground dari tahun 1990-an. Hal ini menyebabkan perpisahan resmi mereka pada tahun 2000.

6.THE MELVINS



The Melvins merupakan sebuah band Amerika yang dibentuk pada tahun 1983  Mereka biasanya tampil sebagai trio,. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah dilakukan sebagai bagian empat dengan dua drumer. Sejak 1984, penyanyi dan gitaris Buzz Osborne (juga dikenal sebagai Raja Buzzo) dan drummer Dale Crover telah menjadi anggota band yang sedang berlangsung.
5.STONE TEMPLE PILOTS



Stone Temple Pilots (sering disingkat menjadi STP) adalah sebuah band rock Amerika dari San Diego, California yang terdiri dari Scott Weiland (vokal), saudara Robert DeLeo (bass gitar, vokal) dan Dean DeLeo (gitar), dan Eric Kretz (drum , perkusi).

Setelah membentuk pada tahun 1986 dengan nama Mighty Joe Young, band ini menandatangani kontrak dengan Atlantic Records dan dipaksa untuk mengubah nama menjadi Stone Temple Pilots. STP menemukan kesuksesan pada tahun 1993 setelah merilis debut album mereka Core (1992), dan kemudian menjadi salah satu band paling sukses secara komersial tahun 1990-an. Band ini merilis empat album studio lebih:. Purple (1994), Tiny Music... Songs from the Vatican Gift Shop (1996), No 4 (1999), dan Shangri-La Dee Da (2001).

Namun kabar terbaru dari grup band ini adalah bergabungnya Chester Bennington yang merupakan vokalis dari band Linkin Park bersama mereka dan telah merilis sebuah single yaitu "High Rise" pada oktober 2013 silam.

4.SOUND GARDEN


Soundgarden adalah sebuah band rock Amerika yang terbentuk di Seattle, Washington pada tahun 1984 oleh penyanyi dan gitaris ritme Chris Cornell, gitaris Kim Thayil, dan bassist Hiro Yamamoto. Matt Cameron menjadi full-time drummer band pada tahun 1986, sementara bassis Ben Shepherd menjadi pengganti permanen untuk Yamamoto pada tahun 1990.

Soundgarden adalah salah satu band yang beraliran grunge, gaya rock alternatif yang berkembang di Seattle, dan merupakan salah satu dari sejumlah band-band grunge menandatangani kontrak dengan label rekaman Sub Pop. Soundgarden adalah band grunge pertama yang menandatangani ke label besar (A&M, tahun 1988), meskipun band ini tidak mencapai keberhasilan komersial sampai mereka mempopulerkan genre pada awal 1990-an dengan Nirvana sezaman Seattle, Alice in Chains, dan Pearl Jam.

3.ALICE IN CHAINS



Alice in Chains adalah sebuah band rock Amerika yang terbentuk di Seattle, Washington, pada tahun 1987 oleh gitaris dan penulis lagu Jerry Cantrell dan vokalis asli Layne Staley. The lineup awal dibulatkan oleh drummer Sean Kinney, dan bassist Mike Starr (yang digantikan pada tahun 1993 oleh Mike Inez).
Meskipun luas dikaitkan dengan musik grunge. Sejak pembentukannya, Alice in Chains telah merilis empat album studio, tiga EP, dua album live, empat kompilasi, dan dua DVD. Band ini dikenal dengan gaya yang berbeda vokal nya yang sering termasuk vokal harmonis dari Staley dan Cantrell.
Meskipun tidak pernah secara resmi bubar, Alice in Chains terganggu oleh aktivitas diperpanjang dari tahun 1996 dan seterusnya karena penyalahgunaan zat Staley, yang mengakibatkan kematiannya pada tahun 2002. Band ini bersatu kembali pada tahun 2005 dengan petunjuk baru vokalis William DuVall, dan merilis album studio keempat mereka, Black Memberikan Jalan ke Blue, pada tahun 2009. Album ini sukses, menjadi emas bersertifikat oleh RIAA pada tahun 2010. Alice in Chains baru saja selesai merekam album studio baru, yang akan dirilis sekitar tahun 2013.

2.PEARL JAM



Pearl Jam (dibentuk pada 1990 di Seattle, Washington, Amerika Serikat) adalah salah satu kelompok musik rock yang paling berhasil pada tahun 1990-an. Mereka adalah salah satu pelopor musik grunge, dan dianggap salah satu dari empat besar bersama dengan Alice in Chains, Nirvana, dan Soundgarden.

Pearl Jam berdiri di atas fondasi sejarah panjang kultur Seattle Sounds yang populer di akhir 80-an. Pemain gitar Stone Gossard dan pembetot bass Jeff Ament lebih dahulu populer di ruang kultur tersebut melalui band bernama Green River, bersama dengan dua pentolan grup Mudhoney, Mark Arm dan Steve Turner. Gossard dan Ament lantas mendirikan Mother Love Bone, selepas pecahnya Green River, bersama vokalis flamboyan bernama Andrew Wood. Jelang rilis album mainstream perdana bersama major label, Andrew Wood meninggal dunia lantaran overdosis heroin. Untuk meneruskan karier bermusiknya, Gossard dan Ament lantas menggaet gitaris Mike McCready yang notabene merupakan teman se-almamater ketika sekolah menengah tingkat atas dengan Stone Gossard.

Ketiganya kemudian membuat beberapa demo lagu dengan bantuan penabuh drum dari band Soundgarden, Matt Cameron (saat ini menjadi drummer Pearl Jam). Untuk audisi vokalis, rekaman demo tersebut dikirimkan kepada remaja San Diego bernama Eddie Vedder melalui mantan drummer band Red Hot Chili Peppers, Jack Irons, yang nantinya juga sempat menjadi anggota Pearl Jam. Vedder kemudian mengisi tiga buah lagu, sebuah mini-opera dikenal dengan "Mamasan Trilogy" (di masa depan menjadi lagu Alive, Once dan Footsteps). Ketiga lagu tersebut akhirnya mengantarkan Vedder terbang ke Seattle, untuk menjalani sejumlah rehearsal bersama calon rekan band-nya. Salah satu di antara rehearsal tersebut adalah pada proyek vokalis Soundgarden, Chris Cornell untuk mengenang Andrew Wood, berupa album Temple of the Dog. Cornell mengajak Gossard dan Ament, sebagai rekan band Wood, beserta Mike McCready dan Matt Cameron. Eddie Vedder turut menyumbangkan vokal, salah satunya di hits Temple of the Dog berjudul Hungerstrike.

Selepas proyek tersebut, Eddie Vedder resmi menjadi vokalis dari band baru yang diberi nama Mookie Blaylock (merujuk pada nama bintang basket NBA pada saat itu). Karena permasalahan legalitas, tepat sebelum menandatangani kontrak dengan Epic Records, band berganti nama menjadi Pearl Jam.

1.NIRVANA



Dan telah sampailah kita pada band terakhir yang merupakan inti dari postingan yang telah gue buat ini , yaps , NIRVANA yang merupakan band dengan penuh kesederahanaan tanpa basa basi , apa adanya , namun mempunyai karya yang begitu JENIUS yang bisa merubah arah permusikan dunia kala itu.Nirvana adalah sebuah band rock Amerika yang dibentuk oleh penyanyi / gitaris Kurt Cobain dan bassist Krist Novoselic di Aberdeen, Washington pada tahun 1987. Nirvana pergi melalui suksesi drumer Dave Grohl, yang bergabung dengan band pada tahun 1990.

Pada akhir 1980-an Nirvana memantapkan dirinya sebagai bagian dari adegan grunge Seattle, merilis album pertama Bleach untuk Pop label rekaman independen Sub pada tahun 1989. Band ini akhirnya datang untuk mengembangkan suara yang bergantung pada kontras dinamis dan keras. Setelah penandatanganan ke major label DGC Records, Nirvana menemukan sukses tak terduga dengan "Smells Like Teen Spirit", single pertama dari album Nevermind kedua band (1991). Keberhasilan mendadak Nirvana secara luas dipopulerkan rock alternatif secara keseluruhan, dan band frontman Cobain mendapati dirinya disebut di media sebagai "juru bicara dari generasi", dengan Nirvana dianggap sebagai "flagship band" Generasi X.Perjalanan singkat Nirvana berakhir setelah kematian Kurt Cobain pada tahun 1994.

Original post by.phenjjol dan dirilis dari berbagai sumber.