bukan basa basi blog

Minggu, 22 Maret 2015

On 18.00 by Febri Ramadhan in
TUGAS SOFTSKILL 4IA17
Universitas Gunadarma

Febri Ramadhan (52411770)
4IA17

PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN

Komputasi adalah sebuah cara untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari data yang telah diinput dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu(sains). Sedangkan untuk komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory(bisa juga memory komputer). Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer, maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.

CONTOH KOMPUTASI MODERN

Banyak contoh dari komputasi modern ini, salah satunya yang akan saya bahas kali ini adalah Cloud Computing. Cloud Computing sendiri merupakan merupakan gaya komputasi yang terukur. Cloud Computing sendiri adalah sebuah gabungan pemanfaatan dan pengembangan teknologi komputer berbasis internet (cloud). Pada Cloud Computing ini, pengguna tidak mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya karena informasi yang disajikan berupa layanan. Sedangkan menurut makalah pada tahun 2008 yang dipublikasikan IEEE Cloud Computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan diserver di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk didalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, handheld, sensor-sensor, monitor, dll.

Manfaat dari Cloud Computing ini yaitu :

  • Skalabilitas (Dapat menambah kapasitas penyimpanan tanpa perangkat tambahan)
  • Aksesbilitas (Dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan jaringan internet)
  • Keamanan (Data yang disimpan dalam Cloud Computing dijamin keamanannya oleh penyedia jasa Cloud Computing tersebut)
  • Kreasi (Dapat mengembangkan project yang dibuat tanpa harus menyerahkan langsung ke perusahaan namun dapat dengan mengirimkan melalui Cloud Computing ini)
  • Kecemasan (Pengguna tidak perlu takut data hilang akibat bencana alam yang terjadi

Kelemahan Cloud Computing :
  • Cloud provider yang tidak konsisten dengan performa layanannya
  • Privasi Data, data yang disimpan dalam Cloud tidak bisa 100% terjamin privasinya

CONTOH CLOUD COMPUTING (KOMPUTASI AWAN)


Cloud Computing atau Computing Cloud, dilihat dari penyebutan namanya dari segi bahasa dapat diartikan Komputasi awan. Yang dimaksud Komputasi Awan adalah sistem Komputerisasi dengan menggunakan filosofi awan. Awan dapat mencakup semuanya dan berada dimana saja. Dari Filsosfi awan tersebut Cloud Computing digunakan sebagai sistem komputerisasi yang dapat mencakup semua peralatan (gadget), dan dapat digunakan dimana saja. Dan kesemuanya disimpan dalam sebuah Storage ( Data Center ).Secara mudahnya, dapat menggunakan atau membuka sebuah file dimana saja dan kapan saja dan semuanya disimpan dalam sebuah Storage (Data Center). Namun fungsi Cloud Computing hanya dapat digunakan bila ada koneksi Internet.  Pada real - time, sudah banyak penyedia Sistem Cloud Computing salah satunya Google Drive.

Google Drive adalah sebuah media penyimpanan data dan pelayanan sinkronisasi, yang disediakan oleh Google. Dimana setiap pengguna dapat menggunakan Cloud computing berbentuk file sharing dan Kolaborasi Edit.Secara singkat, Google menyediakan sistem untuk File Sharing, penyimpanan data, dan Sistem peng-edit-an sebuah file dengan cara berkolaborasi.Dalam Google Drive terdapat beberapa fungsi, seperti pengolah data, pengolah kata, dan beberapa lainnya.

Kegunaan Google Drive

Kita bisa menyimpan segala bentuk file digital di Google Drive. Dari file ber format doc, excell, power point, text, PDF, musik, Mp3, Mp4, dll. File foto, gambar, hasil scan, video. Sampai ke file ber format khusus yang dibutuhkan pekerjaan ataupun kehidupan kita sehari-hari. Intinya, semua jenis file digital.Bagaikan sebuah flashdisk, hanya saja tidak ada bentuk fisiknya.Siapa yang bisa menggunakan ? Semua orang yang punya akses internet dan akun Gmail.

Keuntungan Google Drive

1. Tidak perlu membeli media penyimpanan portable (flashdisk, harddisk portable) digital.

2. Tidak perlu membawa-bawa media penyimpanan portable kemanapun kita pergi.

3. Relatif lebih aman dari kemungkinan data hilang akibat dari rusaknya media penyimpanan portable milik kita (akibat banjir, jatuh, nyemplung di bak, tertindih, terbakar, konsleting listrik, dll), resiko pencurian, resiko lupa membawa media penyimpanan portable, dll.

4. Dimanapun ada gadget (laptop, smartphone, tablet, dll) yang bisa terhubung ke internet, kita bisa tetap mengakses file yang sudah kita simpan di Google Drive.

5. Kita bisa langsung share file kita dengan orang lain (1 orang / beberapa orang sekaligus). Dan kita juga bisa membatasi hak akses mereka (hanya melihat, atau bisa meng-edit secara langsung). Tanpa harus bertukar media penyimpanan portable kita. Tanpa harus membawa / mengirimkan media penyimpanan portable kita.

6. Mengurangi resiko data hilang / rusak akibat virus komputer.

7. Hanya dengan 1 akun Gmail, setiap file yang kita simpan di Google Drive bisa kita lihat dan edit dari semua gadget kita. Misalnya, file dokumen pekerjaan yang kita buat di kantor dan disimpan di Google Drive, bisa kita lihat dan edit dari smartphone / tablet kita, dan juga bisa kita lihat dan edit dari PC di rumah / tempat lain, tanpa perlu media penyimpanan portable.

Kerugian Google Drive

1. Kita harus memiliki akses internet pada semua gadget (laptop, netbook, smartphone, tablet, dll) dan PC kita. Tentu diperlukan biaya berlangganan.

2. Jika ada orang yang men-share file berukuran besar (kalo mengikuti standar Yahoo, ukuran file yang dianggap besar adalah lebih dari 2 Megabyte atau 2 Mb) kepada kita, kita harus mengimbangi-nya dengan koneksi internet yang baik (cepat dan stabil), yang biasanya biaya berlangganan-nya pun juga lebih mahal.

Cara Menggunakan Google Drive

Dibutuhkan sebuah PC/Laptop, koneksi internet dan sebuah akun Gmail (gratis) sebelum kita bisa manfaatkan Google Drive.

1. Buat akun Gmail lebih dulu. Aktifkan fasilitas Google Documents.Setelah memiliki fasilitas Google Documents, aktifkan fasilitas Google Drive.

2. Download program Google Drive di PC / Laptop / Netbook kita, install kan Google Drive. Kita bisa pilih lokasi Google Drive di harddisk kita. Google Drive akan tertampil sebagai folder.Setelah semua selesai, kita bisa langsung masukan semua file ke folder Google Drive dengan cara drag and drop atau copy paste. Secara otomatis, Google Drive akan men-syncron-kan file di folder kita dengan file di web / cloud.Kita bisa menambahkan folder baru dan mengatur file-file kita langsung dari folder Google Drive di pc/laptop/netbook kita tanpa perlu membuka website Google Drive, secara otomatis program Google Drive yang sudah kita download dan install kan tadi akan men-syncron-kan dengan web Google Drive.

3. Jika kita punya lebih dari 1 PC / Laptop / Netbook yang ingin kita installkan program Google Drive dengan 1 akun Gmail kita, buka web Google Drive, dan download program Google Drive di masing-masing pc / laptop / netbook kita yang lain.Setiap pc / laptop / netbook kita harus terhubung dengan internet.Nantinya, setiap PC / laptop / netbook akan men-syncronkan secara otomatis folder Google Drive-nya.Jadi, kita cukup taruh file di folder Google Drive pada salah satu pc / laptop / netbook kita, dan langsung akan tertampil pada pc / laptop / netbook kita yang lain.



Sumber :
  • http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/06/10/cloud-computing-dan-google-drive-567412.html
  • https://ku2harlis.wordpress.com/komputasi-modern/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • http://id.wikipedia.org/wiki/OneDrive
  • http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/04/27/google-drive-cloud-storage-457872.html