bukan basa basi blog

Senin, 29 Desember 2014

On 18.45 by Febri Ramadhan in
Analisa Website PT. Mayindo Tritunggal

(http://www.maymay.co.id/salon/)




Di Susun Oleh :

M.Reggi T U (54411696)
Aditya Akbar Nugraha (50411210) 
M. Fauzi 
M. Yunus
 Boma Suryananda 
Febri Ramadhan (52411770)
Wahyabiantara 


Teknik Informatika 2014
Universitas Gundarma

Profil Perusahaan :

Tiga bersaudara, Mei Mei, Lily dan Yayang Tanie, di usianya yang masih remaja saat itu telah menemukan bakatnya yang luar biasa, dari usaha yang dirintis oleh ibunda tercinta sejak tahun 1972. Melihat bakat putri-putrinya itu, semangat dan dukungan terus mengalir dari kedua orang tuanya.  Keyakinan itu bertambah ketika tiga bersaudara ini berhasil meraih prestasi di berbagai event, baik tingkat nasional maupun internasional.

36 tahun sudah mereka mewariskan usaha dari orang tuanya yang terus maju dengan pesat, dan kemudian berkembang menjadi Salon & Bridal yang masuk dalam kriteria papan atas.   



PENDIDIKAN & SEMINAR YANG DIIKUTI

Hingga kini May May senantiasa memberi inovasi-inovasi dalam penampilan klien-nya dengan mengikuti berbagai pendidikan a.l. :

Rudy Hadisuwarno – Jakarta 1976
Puspita Martha – Jakarta 1979
Vidal Sassoon - London
Toni & Guy – London 1998
Trevor Sorbie - London 1998
Alan - London
Robert Fielding
Kohsuke Ueno – Japan 1998
dll
Visi, Misi, dan Nilai Perusahaan :

May May cepat menjadi pilihan terbaik metropolis untuk layanan satu atap salon komprehensif, pengantin dan pernikahan. Kami 36 tahun pengalaman dijamin tradisi render kinerja yang paling baik. Sebuah tim dukungan kuat dari terlatih, berbakat dan berdedikasi tinggi konsultan selalu siap untuk menawarkan layanan terbaik kami.

Nilai-nilai Perusahaan :

Salon May May menawarkan berbagai jenis pijat, perawatan wajah, dan layanan salon lengkap, termasuk perawatan rambut, pewarnaan rambut, perawatan kulit, manikur, pedikur dan make-up aplikasi.

Analisa :

PT. Mayindo Tritunggal atau yang sering dikenal dengan May May Salon, Bridal dan Photo, adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Tata rias dan Perawatan kecantikan serta meyediakan sarana untuk resepsi pernikahan. Perusahaan ini terbentuk sejak 30 tahun yang lalu, Perusahaan ini dirintis oleh tiga bersaudara yaitu Mei mei, Liliy Tanie, dan Yayang yg merupakan penerus perusahaan dari kedua orangtua nya. Pada awal nya perusahaan ini hanya sebuah salon rumahan biasa yang system manajemen nya pun masih sederhana, seiring dengan waktu perusahaan yang ditangani oleh 3 bersaudara ini mulai mengalami perkembangan dengan ditandai bertambah nya outlet yang ada.

PT. Mayindo Tritunggal memiliki sebuah website, seperti perusahaan-perusahaan lainnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan mempromosikan jasa layanannya. Web perusahaan ini beralamat dihttp://www.maymay.co.id. Adapun tujuan dari PT. Mayindo Tritunggal membuat web ini, yaitu :

Memperkenalkan PT. Mayindo Tritunggal kepada masyarakat luas melalui media komunikasi internet yang tertuang dalam profil perusahaan yang berisi visi dan misi, sekilas tentang maymay salon, nilai perusahaan, aktivitas bisnis, dsb.
Menyediakan informasi internal perusahaan untuk karyawannya dan informasi umum untuk masyarakat.
Berikut beberapa analisa  website maymay salon dari berbagai aspek.

Tampilan  :  Tampilan yang disajikan sudah cukup menarik, perpaduan warna dan latar background serta atribut atribut yang diberikan sudah pas tidak terlihat contrast bagi yang melihatnya.
Fungsionalitas  :  Dari tujuan yang hendak dicapai sudah berhasil karena informasi yang disajikan sudah cukup jelas tentang seluruh yang berkaitan dengan maymay salon.
Tetapi masih ada yang perlu ditingkatkan kegunaan dari website yang ada sekarang ini yaitu diantaranya.

Pada bagian slideshow picture yang berisi informasi yang menjadi headline kita harus menunggu slide satu persatu bermunculan sampai dengan selesai, jadi kita tidak bisa menentukan sendiri mau liat slideshow yang mana jika kita tidak sabar ini akan menjadi membuat pembacanya malas untuk melihat satu demi satu sehingga solusinya yaitu harus diberikan thumbnail selain gambar yang besar nanti ada gambar yang kecilnya dan ada menu next dan previous, sehingga kita bisa sesuka kita untuk memlih tanpa harus menunggu slide itu selesai.
Lalu tidak adanya menu untuk kritik dan saran atau feedback(faq) ini dirasa perlu untuk meningkatkan kualitas website yang dibuat dan masukan bagi perusahaan agar lebih baik lagi
Terjadinya tools menu yang berfungsi sama sehingga membuat tampilan website terlihat penuh, hal ini bisa mempengaruhi minat pengguna karena bisa kebingungan jika kebanyakan menu yang ditampilkan tersebut sama, pada kasus ini ialah menu salon dan bridal, sebaiknya dibuatkan dropdown menu saja.
Pada Bagian Content informasi yang diberikan merupakan bentuk file gambar sehingga ini membuat kecepatan dalam mengakses web ini sedikit lambat terbukanya karena file bentuk gambar memiliki size yang besar dibandingkan dengan text saja.
Analisis Website Salon May May.co.id Berdasarkan Prinsip Desain Interface


1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website SALON MAY MAY menurut kelompok perusahaan sudah terpenuhi, karena user cukup mudah berinteraksi dengan website ini Selain itu website ini sudah menggunakan bahasa yang dapat diakses pada setiap posisi negara pada pengguna.

2. Aesthetically pleasing
Dalam hal penempatan menu dalam website SALON MAY MAY sangat bagus dan terstruktur sehingga dapat mempermudah pengguna dalam memilih menu yang diinginkan. Menu tersusun dari kiri ke kanan berdasarkan menu yang paling sering dikunjungi oleh user.

3. Availability
Menampilkan objek yang harus tampil setiap saat ketika user membuka link atau menu, sub menu ataupun informasi yang dipilih oleh user.


4. Clarity
Jelas secara visual, dimana dapat didefinisikan sebagai berikut :


a. Balance :
Website Salon May May ini cukup konsisten dalam tataletak elemen website. Dengan memperhatikan rata kiri-kanan dan atas-bawah sehingga website ini tampak teratur dan rapi soal desain interfacenya. Ukuran menupun juga diperhatikan agar tampak rapi. Posisi halaman website tepat berada pada centre oada tampilan di layar monitor.

b. Symmetry: 
Ukuran desain antar muka dalam tampilan website Salon May May sudah setara dan berulang kiri dan kanan. 
c. Regularity :
Dalam website Salon May May ukuran font, gambar, tataletak menu dalam website sudah teratur dan rapi. Begitu juga warna latarnya yang minimalis berwarna putih dengan font berwarna biru muda dan hitam sehingga mempermudah pengguna dalam melihat elemen-elemen yang ada dalam website tersebut.
Tampilan Menu Utama Website Salon May May yang tata letaknya sudah memenuhi standar prinsip desain UI dari sisi regularity :

d. Predictability
Predictability disini mengandung arti tampilan menu yang ada mudah diprediksi atau mudah tergambarkan mengenai sub menunya.
Tampilan dan juga hal-hal yang tercantum dalam menu pada website Salon May May.co.id mudah diprediksi oleh user

e. Sequentiality: 
Tampilan website Salon May May yang sudah memenuhi urutan menu ataupun sub menu yang jelas, logis, ritmik dan efisien. Urutan menu dan sub menu diurutkan berdasarkan yang paling banyak dikunjungi oleh user.

f. Economy :
Dalam tampilan website ini sangat minimalis sekali karena background website ini berwarna putih dan font yang berwarna hitam dan biru muda sehingga tampilan website tampak sederhana dan berkesan menarik. Ditambah beberapa fitur gambar yang 3 dimensi dengan warna mencolok sehingga tampak menarik dalam tampilan website tersebut.

g. Unity :
Dalam tampilan ukuran tulisan ataupun menu dalam website ini sudah cukup dengan struktur desain website. Dengan penggunaan tulisan yang diberi warna biru muda dan juga pergantian warna menu bila di klik menjadi warna hitam. Hal ini dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan website tersebut. 


h. Proportion :
Penampilan font pada tampilan website Salon May May sangat jelas, mudah dimengerti dan mudah dibaca.

i. Simplicity vs complexity: 
Penggunaan layar website sudah mengoptimalkan elemen layar ,minimalkan alignment points, terutama horisontal/ kolom .
j. Groupings :
Dalam tampilan website Salon May May sudah terdapat pengelompokan menu ataupun pengelompokan link-link yang diperlukan dalam menunjang website tersebut.


5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, perusahaan mencoba di Mozilla Firefox dan google chrome. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

 6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.


7. Consistancy
Dari segi consistancy website ini belum dapat dikatakan consistent karena tampilan halaman tiap menu website berbeda .



8. Directness
Website ini belum menerapkan prinsip direcness, karena di dalam website ini tidak ada layanan pembelian online atau penjualan online. Website ini hanya menjelaskan spesifikasi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan SALON MAY MAY.

9. Obviousness
Website Salon May May ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.


10. Recovery
Menurut kelompok kami website ini tidak mempunyai fungsi recovery karena tidak ada transaksi penjualan dalam website ini.


11. Responsiveness
Prinsip responsiveness belum 100% terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh tidak memberikan efek sama sekali. Tetapi ada pula tombol yang memberikan efek, misalnya perubahan warna atau ada tulisan diseperusahaanr tombol yang disentuh.
12. Control
Dalam website ini terkadang ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan dengan baik. Sehingga user sedikit mengalami kesulitan atau kebingungan dalam berinteraksi dengan website ini. Contohnya tombol link pada judul halaman di bawah ini :

13. Efficiency
Menurut kelompok perusahaan website Salon May May kurang efisien. Karena penempatan menu yang ada dimana-mana (kanan atas,kiri dan bawah) sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien.
Tampilan link atau menu yang tidak teratur pada website Salon May May

14. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan bahasa yang digunakan merupakan bahasa internasional yang mudah dipahami dan merupakan bahasa yang universal. 


15. Flexibility
Tidak ada layanan untuk mengubah ke bahasa Indonesia,

16. Forgiveness
Tidak ada fitur forgiveness untuk mengembalikan tampilan awal ketika user melakukan kesalahan pada penggunaan halaman situs. 


17. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan beberapa produk baru dari Salon May May.


18. Operability
Website ini sudah memenuhi dalam hal operability karena tiap sub menu mempunyai operator dan desain berbeda. Sehingga dapat disimpulkan tiap halaman mempunyai operator atau server beda. 
19. Perceptibility
Pengguna website Salon May May dalam memilih pilihan menu sudah dapat memberikan persepsi tentang tampilan yang akan muncul dalam menu tersebut. 


Kesimpulan
Dari hasil analisis website Salon May May.co.id dengan batasan analisis pada regional Indonesia, dapat disimpulkan :

Secara umum Salon May May.co.id sudah menggunakan prinsip desain interface secara baik. Terlihat dari penulis yang merasa nyaman ketika melakukan analisis.
Salon May May.co.id memiliki banyak regional di seluruh dunia, hal ini menunjukkan bahwa SALON MAY MAY merupakan perusaan elektronik yang sangat besar.
Desain yang sederhana namun tampak elegan membuat user tidak merasa bosan dalam berinteraksi dengan website ini.
Meskipun Salon May May.co.id hampir mebdekati sempurna, namun terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki demi menunjang website yang sempurna.
Masih terdapat link yang tidak dapat di akses seperti link Perfomace Priced Right.
Penggunaan bahsa yang sudah familiar pada tiap halaman website memudahkan user dalam mengerti isi dari website ini.
Pengelompokan sub menu yang diletakkan pada menu-menu yang sesuai, membatu user dalam melakukan prediksi isi dari menu tersebut.

Saran :
Saran yang dapat diberikan untuk Salon May May.co.id adalah :
Pemberian kotak search pada tampilan awal ketika user membuka Salon May May.co.id
Pembenahan terhadap link-link yang tidak dapat diakses oleh user