bukan basa basi blog

Senin, 16 Juni 2014

On 20.07 by Febri Ramadhan in

Penggunaan singkatan bahasa latin dalam praktik medis memiliki sejarah yang sangat panjang, bisa dirunut hingga ke tahun 1400-an saat bahasa Latin menjadi bahasa utama di Eropa Barat. Saat ini, penggunaan singkatan bahasa Latin terbatas pada petunjuk pengambilan atau penggunaan obat dalam resep. Singkatan latin ini telah lazim dan disepakati oleh semua pihak yang bersangkutan.
Sebagai seorang yang bergerak didunia medis khususnya di bidang farmasi baik yang sudah bekerja ataupun sedang dalam tahap pembelajaran , sudah seharusnya dapat menghafal dan memahami singkatan bahasa latin dalam ilmu farmasi.Akan lain halnya , jika dokter menulis resep dengan singkatan yang tidak lazim baik singkatan kata latin ataupun kata dari bahasa lain termasuk kata umum bahasa Indonesia,besar kemungkinan tidak akan dimengerti oleh petugas apotek sehingga dapat memperlambat pelayanan pada resep.
Saat ini telah banyak bermunculan aplikasi mobile berbasis android, dari game hingga aplikasi yang bersifat edukasi. Pada pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan editor Eclipse . Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent) . 
Berdasarkan penjelasan di atas penulis mencoba menyajikan keluaran sebuah aplikasi daftar lengkap singkatan latin dalam ilmu farmasi dan resep untuk memudahkan seorang asisten apoteker beserta pelajar farmasi untuk mengakses informasi singkatan latin tanpa harus melihat buku.
Apikasi ini dibuat guna melengkapi sebagian syarat mendapat gelar setara sarjana muda pada univeraitas gunadarma . apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan aingkatan atau kekurangan pada progrm yang tekah di buat nohon diberi masukan.Terima Kasih semoga aplikasi ini berguna bagi yang membutuhkan..

Untuk Mendapatkan aplikasi android ini bisa di Download  Disini :

DOWNLOAD

Klik Tautan diatas !!!!