bukan basa basi blog

Jumat, 16 Oktober 2015

PORTOFOLIO

Aplikasi Mobile Singkatan Latin Resep Berbasis Sistem Operasi Android
Author by.Febri Ramadhan 

     Aplikasi Singkatan Latin Resep adalah sebuah aplikasi mobile berbasis sistem operasi android yang diharapkan dapat digunakan untuk memudahkan  para asisten apoteker , mahasiswa/i , serta pelajar ilmu farmasi dalam mengakses informasi tentang singkatan bahasa latin yang biasa digunakan oleh dokter untuk menulis resepnya.Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan seorang asisten apoteker beserta pelajar farmasi untuk mengakses informasi singkatan latin tanpa harus melihat buku.
    Aplikasi ini adalah  project  tugas akhir saya pada saat saya kuliah S1 Teknik Informatika Universitas Gunadarma dan telah di uji baik dari segi teknis maupun penulisan oleh dosen penguji Universitas Gunadarma.Pada Pembuatan GUI (Graphic User Interface) dari aplikasi Singkatan Latin Resep ini saya menggunakan software Eclipse dan Android SDK Manager dengan membuat file android xml untuk semua tampilan layout dan membuat kelas menggunakan bahasa pemrograman java pada masing-masing layout android xml yang akan di tampilkan, dan untuk database singkatan latin saya menggunakan SQLite manager.Berikut adalah screenshoot dan penjelasannya 

1.Halaman Menu Utama


Halaman awal adalah tampilan ketika aplikasi ini pertama kali dijalankan. Halaman ini terdiri dari beberapa menu , yaitu Home, Tentang dan Keluar

2.Halaman Home


Pada halaman home ini akan menampilkan konten menu Pencarian dan Lihat Indeks . Untuk melihat konten ini user hanya perlu mengklik menu Home  pada menu utama.

3.Halaman Pencarian



Pada halaman pencarian aplikasi ini akan menampilkan data singkatan latin dalam bentuk listiview , disini juga terdapat edit text yang berfungsi untuk memasukan kata yang akan dicari oleh user lalu dengan otomatis data akan muncul dan apabila di klik akan tampil activity baru yaitu tampilan arti dari singkatan latin yang dipilih oleh user.

4.Halaman Hasil Pencarian


Pada halaman hasil pencarian disini akan menampilkan data yang terdiri dari singkatan latin dan arti dalam bahasa indonesia dari kata singkatan latin yang di klik oleh user pada halaman pencarian.

5.Halaman Lihat Indeks


Pada halaman Lihat Indeks, disini akan menampilkan sebuah list button yang apabila di klik oleh user akan menampilkan data berupa tabel informasi singkatan latin.Untuk menampilkan informasi ini user hanya tinggal meng klik atau tap menu pilihan Lihat Indeks pada menu Home dan memilih salah satu indeks yang terdapat pada layout Lihat Indeks untuk menampilkan informasi singkatan latin berserta arti dan kepanjangannya.

6.Tampilan Singkatan Latin Terpilih (Pada Menu Lihat Indeks)


7.Tampilan Tentang


Halaman ini akan menampilkan konten yang berisi Informasi tentang aplikasi. Untuk melihat konten ini, Pengguna hanya perlu mengklik Tentang pada menu utama aplikasi singkatan latin resep.

8.Tampilan Keluar


Tampilan ini merupakan sebuah dialog untuk memastikan apakah user benar-benar ingin keluar dari aplikasi atau tidak.

Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan mengunduh secara gratis pada tautan http://febbri-grunge.blogspot.com/2014/06/singkatan-latin-resep-download.html

Demikian portofolio yang saya buat dengan sebenar-benarnya, agar menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Terima kasih.

Hormat Saya
Febri Ramadhan