bukan basa basi blog

Rabu, 21 November 2012

On 10.44 by Febri Ramadhan in

Written by egy aja.


Setelah sebelumnya pada tahun 2011 lalu CUPUMANIK mengukir sejarah tampil sebagai duta GRUNGE dari Indonesia dalam ajang Planet Rox / Envolet Macadam di CANADA. Kini giliran NAVICULA akan menggoreskan kembali sejarah di dunia International yaitu lolos dalam 2 ajang sekaligus yaitu ajangRODE ROCKERS dan berhak rekaman di hollywood sekaligus lolos sebagai pemenang kompetisi Planet Rox / Envolet Macadam menjadi duta kedua GRUNGE dari indonesia untuk terbang ke CANADA tanggal 8 september 2012. Ini merupakan 2 point prestasi yang bisa disabet oleh mereka sekaligus dalam waktu yang berdekatan. Kami mencuri waktu sedikit disela2 kesibukan anak2 Navicula dan ini dia hasil wawancara singkat dengan Mereka :
Halo bro apa kabarnya, sedang sibuk apa anak2 NAVICULA sekarang ? boleh ngobrol2 sebentar ?

Navicula : Sibuk belajar bahasa inggris, senam, nyari duit buat isi ngisi kulkas, nyelesaiin lagu2 baru, dan mematangkan konsep tour ‘Orangutan’ kita di Borneo nanti.

Gimana perasaanya anak2 Navicula bisa lolos ke Canada plus menang vote RODE ROCKERS pergi ke LA ?

Navicula : Ya, pasti senang lah… terutama yang kesempatan rekaman di Hollywood. Pas banget momennya dengan penggarapan album ke 7 kita.

Apakah ini mengobati rasa kecewa setelah gagal pada hardrock calling london kemarin ?

Navicula : Ah, kecewa gak juga sih… yang namanya kesempatan seperti ini (Hard Rock Calling) kan, yaah…model nothing to lose lah…jadinya kalau dapat ya syukur, kalau nggak ya ga ada yang rugi sih, jadi gak apa-apa. Dan, untung juga sih benernya, karena waktu menang di tingkat Bali, kita dapat hadiah malah, waktu itu dikasih USD 1000 (sekitar 9juta), lumayan lah, buat beli senar gitar, ngecat motor , dan nraktir tetangga minum

Bisa di ceritain proses bisa jadi finalis Planet Rox / Envolet Macadam dan akhirnya menang di bandung ? apa prosesnya sama dengan CUPUMANIK sebelumnya ?

Navicula : Sama aja seperti yang kemarin Cupumanik ikut. Kita tau Planetrox ini waktu Cupumanik ikutan malah. Iseng ikutan tahun ini, karena lumayan kan, hari gini ada yang bayarin tiket jalan-jalan keluar negeri, main di acara festival besar pula. Lagi pula kita punya agenda yang pas banget momentumnya, Agenda tour Orangutan, yang membutuhkan banyak dukungan media; kemenangan ini bisa jadi atensi yang mendukung kampanye Orangutan kita. Selain itu, agenda kedua, agenda rapat sama produser kita di US sana, jadinya kita bisa meeting lagi sama doi dua kali, setelah meeting terakhir tahun lalu di Bali. Pas ke Kanada doi terbang kesana dan dari Quebec ngajak kita main ke temen2nya dia di Montreal dan Toronto sekalian beresin kontrak, trus pas ke LA, doi ngajak bikin video dokumentasi dan semacamnya, dan pulangnya ngajak bikin konser di Hawaii, jadi bisa menghemat uang tiket, karena tiket udah dibayarin sama Planetrox dan RODERocks.

Nah kalau RODE ROCKERS bagaimana sampai bisa ikutan trs akhirnya lolos dari 500 peserta dan jadi satu2nya perwakilan dari Indonesia..please detail.. ?

Navicula : Awalnya kita iseng ikut video competition bernama "Rode Rocks International Video Competition." Kompetisi tersebut diikuti oleh 500 band dari 43 negara. Pas balik dari Bandung kita mendapatkan e-mail dari panitia bahwa video Navicula masuk top ten. Cukup mengejutkan sekaligus membahagiakan karena berawal dari keisengan, video kami bisa masuk sepuluh besar. Yang membahagiakan lagi saat melihat komentar dari salah satu dewan juri, Matt Sorum (eks- Guns n’ Roses, Velvet Revolver) , yang kasi komentar lagu dan video kita bagus, killer riff-lah, raw n’ cool lah, dan seterusnya. Setelah sampai sepuluh besar kami sadar agar video kami lolos jadi pemenang harus ada cukup banyak orang mem-vote video kami tersebut. Akhirnya kami meminta dukungan teman2 komunitas (musik, media, aktivis) lokal agar mendukung voting kita. Kampanye tersebut cukup memanfaatkan media sosial Twitter dan Facebook. Dengan voting tersebut justru kami sangat yakin bisa menang karena Indonesia adalah pengguna Facebook dan Twitter yang cukup besar. Maka kampanye voting kami cepat menyebar, sampai akhirnya menanglah video kita.

Melihat jumlah voting menembus sampai angka nominal 5.800..sangat amazing sekali...menurut kalian, pencapaian tersebut apakah itu total melaui jejaring sosial atau ada media2 pendukung lainnya ?

Navicula : Lebih banyak jejaring sosial dan media online, seperti Yahoo! Indonesia, Situs ini (Total Feedback), Akarumput.com, serta dukungan lainnya dari media radio lokal dan slot TV, macam Radioshow @TVOne.

Ada salah satu peserta yang berbuat curang (LIA HIDE) menyalip dengan selisih angka sampai 1000 dalam waktu yang singkat, apa perasaan kalian saat itu hingga tergeser ke posisi kedua mengingat 2 hari lagi voting akan berakhir ?

Navicula : Bangun pagi kita liat itu cuma bisa bengong sambil minum kopi, dan setengah kagum setengah tak percaya melihat voting doi naik sekitar 8-10 vote tiap menit.

Ada misi khusus tidak nanti main di CANADA ?

Navicula : Memberikan penampilan terbaik sebagai wakil dari scene musik Indonesia (scene Grunge khususnya) dan tetap mengamplifi isu pelestarian Hutan Hujan di Indonesia sebagai esensi dari kampanye Orangutan.

Materi lagu apa yang akan di rekam nanti di RECORD PLANT ? berapa lagu yang akan di rekam..apakah skaligus mixing mastering disana ?

Navicula : Lagu dan jumlah belum ditentukan. Kita lebih menikmati prosesnya aja dulu ketimbang target hasil, biar pulang dari sana nggak stress dan botak

Akankah materi tersebut masuk ke album ke 7 ?

Navicula : Mungkin iya, mungkin tidak… tergantung kesepakatan kita dengan produser album ke 7 itu.

Kira2 kapan album ke 7 tersebut akan rilis ?

Navicula : Rencanannya tahun ini, tapi tiba2 banyak acara, kita terperangkap kesibukan baru. Tunggu timing yang pas aja deh… alon-alon asal kelakon.

Bisa kasih bocoran total brp lagu di album ke 7..brp lagu bahasa Inggris..berapa lagu bahasa indonesia ?

Navicula : Kita siapkan sekitar 12 lagu. 80% bahasa Inggris, 20% Indonesia.

Bisa di ceritain tentang BORNEO TOURnya..apa ekspetasi yang ingin di capai dari tour tersebut ?

Navicula : Borneo tour adalah tour yang konsepnya bersifat kolaboratif. Di sini ada penyatuan visi dari semua elemen dan organisasi yang terlibat di dalamnya. Boleh jadi di kegiatannya masing-masing, elemen2 dan organisasi ini punya agenda dan konsern yang spesifik dan bersifat partial, tapi lewat konser ini semuanya mencair dan sepakat mencari benang merah-nya untuk melindungi hutan hujan alami di Indonesia, sebagai habitat asli bagi kayanya flora dan fauna kita.
Kampanye ini golnya lebih meruncing lagi yaitu social pressure kepada pihak berwenang untuk menegakkan hukum yang berkaitan dengan pelestarian hutan.
Kolaborasi artinya tiap-tiap elemen atau organisasi yang terlibat disini akan memberikan perannya masing-masing di bidang mana dia berkompeten. Kalau Navicula kan musisi, kita nyumbang lagu. Kalo Green The Film, doi nyumbang footage. Kalau COP, doi atur land arrangement. Teman media nulis liputan, Sawitwatch bikin launch, teman EO bikin acara, WALHI kasi data/informasi, yang mau dukung tiket tranportasi sumbang lewat kickstarter.com atau Patungan.net, dll. Dan semuanya sepakat mengusung benang merah dan konsern yang sama: Pelestarian Hutan Hujan alami!

Apa persiapan menuju CANADA dan LA nanti ?

Navicula : Besarin titit, biar gak diketawain sama cewek-cewek di backstage sana

Kira2 ada misi tersempil tidak mempromokan ROCKOTORFEST di CANADA ? hehhehe

Navicula : Pastilah… terutama liputan media yang berkaitan dengan deskripsi skena musik di Indonesia seperti apa. Kalau bukan kita semua yang bersama-sama mengangkat Rokotorfest, siapa lagi? wink

Ok segitu saja dulu bro..

Terima kasih dan sukses buat NAVICULA


Navicula : Sama2 bro, kita juga terimakasih sudah didukung sama teman-teman semua. Without you all, we are sucks!